Kamis, 30 Agustus 2012

Topografi Kota Balikpapan





Keadaan Topografi Kota Balikpapan adalah sekitar 85% terdiri dari daerah berbukit-bukit dan hanya sekitar 15% merupakan daerah-daerah datar yang sempit dan terletak di daerah sepanjang pantai dan daerah di antara perbukitan.
           Struktur tanah di Kota Balikpapan ini terdiri atas tanah podsolik merah kuning, tanah aluvial, dan pasir kwarsa. Di antara ketiga jenis yang paling banyak terdapat di daerah ini adalah jenis tanah podsolik merah kuning yang mempunyai tingkat kesuburan yang rendah disebabkan karena lapisan topsoilnya yang tipis dan batuannya muda sehingga tanahnya bersifat labil dan terdapat pada daerah perbukitan yang mempunyai kemiringan di atas 15%, apabila curah hujannya tinggi akan mengakibatkan tanah tersebut mudah merosot dan terkikis karena erosi, sehingga daerah ini kurang memungkinkan untuk dapat dikembangkan tanaman pertanian pangan tetapi lebih cocok untuk pengembangan tanaman keras/perkebunan.
            Sedangkan sebagian kecil lainnya daerah ini terdiri dari tanah alluvial yang mempunyai tingkat kesuburan yang relatif baik dan pasir kwarsa sebagai bahan dasar pembuatan kaca. Kondisi Iklim Kota Balikpapan pada tahun 1990 adalah sebagai berikut:

a. Suhu udara minimum rata-rata 24,4° C
b. Suhu udara maksimum rata-rata 30,5°
c. Kelembaban udara rata-rata 85%
d. Kecepatan angin rata-rata 0,6 knots
e. Tekanan udara rata-rata 1.009,8 milibar
f. Curah hujan rata-rata setiap bulan pada tahun 1989 adalah 169,4 mm, sedangkan rata-rata hari hujan perbulan adalah 12,3 hari


Sungai

Kota Balikpapan memiliki sungai sebanyak 19 buah, yang mana sebagian dari sungai-sungai ini mempunyai peranan penting di samping sebagai sumber kebutuhan air baku untuk keperluan air minum penduduk juga berfungsi sebagai sarana transportasi. Sungai-sungai yang mempunyai peranan penting dan penggunaanya dapat dilihat di bawah ini:


      Tabel Sungai-Sungai dan Penggunaanya di Kota Balikpapan

No
Nama
Penggunaan
Keterangan
1
Sungai Klandasan Besar
Sumber Air Baku PDAM
Debit 50 – 150 Lt/detik
2
Sungai Wain
Sumber Air Baku Pertamina
Debit 165 Lt/detik
3
Sungai Teritip
Pengairan / Bendungan
--
4
Sungai Somber
Transportasi (Dermaga Ferry)
--
5
Waduk Manggar
Sumber Air Baku
Debit 500 Lt/detik




           


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar