Kamis, 30 Agustus 2012

Resensi Buku "Laut dan Samudera"




Judul asli                     : Seas and Oceans
Judul Indonesia           : Laut dan Samudera
Pengarang                   : Felicity Brooks
Penerbit (asli)              : Usborne Publising, Ltd
Penerbit (Indonesia)    : PAKAR RAYA (Pakarnya Pustaka)
Alih bahasa                 : Drs. Wasi Dewanto
Dicetak oleh                : PT. Intan Sejati
Cetakan pertama         : Tahun 2004
Halaman                      : 36 Halaman


Laut dan samudera meliputi 71% dari permukaan bumi atau lebih dari dua per tiganya. Ada 5 samudera di dunia, yaitu Samudera Pasifik, Atlantik, Hindia, Arktik, dan Antartika.  Diperkirakan bahwa benua-benua dahulu bergabung menjadi suatu massa daratan yang oleh para ilmuan disebut sebagai Pangaea yang dikelilingi oleh satu samudera yang mereka sebut Panthalossa. Benua-benua tersebut kemudian sedikit demi sedikit berpisah dan samudera-samudera baru terbentuk.

Kehidupan di dalam samudera terdapat banyak sekali jenis binatang dan tanaman. Samudera menyimpan 97% air di dunia dan memiliki pengaruh besar terhadap cuaca dan iklim. Siklus hidrologi merupakan salah satunya. Pergerakan air yang terus menerus di antara laut, udara, dan daratan. Hampir 75% panas bumi dari Matahari tersimpan di samudera.

Laut dan samudera telah menjadi sumber makanan bagi manusia selama ribuan tahun yang lalu. Tetapi kemajuan teknologi telah digunakan untuk usaha penangkapan ikan yang berlebihan sehingga akan memusnahkan makhluk hidup yang dapat berkembang biak dan mengancam jaring makanan yang ada. Laut juga merupakan sumber energi dunia, karena hampir dua per tiga minyak dan gas alam diambil dari bawah laut atau bawah tanah. Laut dan samudera bisa menyediakan sumber makanan dan sumber energi yang terus-menerus untuk manusia, jika kita bisa memanfaatkannya dengan baik. Tetapi jika tidak bertindak melindungi samudera sejak sekarang, lebih banyak makhluk hidup yang akan punah dan keuntungan potensial bisa punah selamanya. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan membuat suaka laut.
           
Buku Laut dan Samudera akan memberikan informasi dan pengetahuan tentang lingkungan serta menjelaskan bagaimana terbentuknya samudera, penyebab timbulnya gelombang, air pasang dan arus samudera, terbentuknya daratan oleh laut dan cara kita memperdayakan laut beserta akibat yang menyertainya. Di buku ini juga dituliskan cara-cara untuk menyelamatkan laut dan makhluk hidup yang berada di dalamnya.

Menurut saya, isi buku ini bagus karena dapat menambah pengetahuan kita dan di sini diberikan contoh-contoh kejadian yang dapat mendukung sebuah pokok pembicaraan pada setiap bab. Ilusrasi-ilustrasi di buku ini sangat membantu karena  diberikannya gambar-gambar yang menarik untuk dicermati, sehingga kita sebagai pembaca menjadi tidak bosan dan kita dapat memahami isi buku dengan lebih jelas. Selain ilustrasi, bahasa di buku ini juga baik. Bahasa yang digunakan adalah bahasa yang baku atau formal, sehingga memudahkan bagi pembaca dalam memahami buku. Menurut saya buku ini sangat menarik. Cover buku ini dihiasi gambar-gambar yang menarik dan mewakili atau menunjukkan isi buku yang terkandung.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar