Jumat, 04 Mei 2012

Fungsi-Fungsi Menu pada Ms. Word 2007

A. File
1.    New                     : Untuk membuka lembar kerja baru
2.    Open                    : Untuk membuka dokumen yang sudah pernah disimpan
3.    Save              : Untuk menyimpan dokumen
4.    Save As                : Untuk menyimpan dokumen yang bisa dirubah sewaktu-waktu
5.    Print                      : Untuk menyetak dokumen dan mengatur kerja printer
6.    Print Preview     : Melihat tampilan dari dokumen yang akan dicetak
7.    Send                     : Mengirim dokumen melalui e-mail
8.    Close                    : Menutup dokumen


B. Home
1.      Paste Cells        : Untuk menampilkan hasil copy.an
2.      Cut            : Untuk mengahapus/ memindahkan teks
3.      Copy            : Untuk menduplikat/menyalin teks
4.      Format Painter        : Untuk menyalin karakter  tertentu
5.      Font             : Untuk mengganti model-model huruf
6.      Font Size        : Untuk mengganti ukuran huruf
7.      Bold            : Untuk menebalkan warna huruf
8.      Italic            : Untuk memiringkan text
9.      Underline        : Memberi garis bawah pada teks/huruf
10.    Strikerthrough        : Menggambar garis ditengah-tengah teks/huruf
11.    Subscribe        : Membuat text ditampilkan menjadi lebih kecil dan menurun
12.    Superscribe        : Membuat teks ditampilkan lebih kecil dan naik ke atas seperti                      pangkat
13.    Change Case        : Mengatur besar kecinya huruf kapital
14.    Grow Font        : Membuat ukuran huruf lebih besar
15.    Shrink Font                    : Membuat ukuran huruf lebih kecil
16.    Clear Formatting    : Menghapus semua format dari teks, tapi hanya untuk grow dan                                            shrink font
17.    Text Highlight Color    : Memberikan efek warna pada garis
18.    Font Color        : Memberikan warna pada huruf
19.    Bullet and Numbering    : Memberikan nomor atau tanda pada teks
20.    Align            : Merubah posisi teks
21.    Decrease and Increase    : Sedikit merubah posisi teks sedikit ke dalam/ misal seperti                             membuat paragraf baru
22.    Line Spacing        : Mengatur jarak spasi pada baris
23.    Shading            : Memberikan warna pada teks yang diseleksi
24.    Bottom Bord                    : Memberikan garis pada teks kanan, kiri, dll
25.    Change Styles            : Memberikan gaya huruf
26.    Find                                 : Mencari kata dari dokumen yang sedang aktif
27.    Replace                            : Untuk mencari dan mengganti kata tertentu dari teks
28.    Select All                           : Untuk memblok semua teks

C. Insert
1.    Cover Page        : Membuat cover halaman
2.    Blank Page                      : Mengkosongkan halaman
3.    Page Brea                     : Memberikan jarak pada halaman/membuat halaman baru
4.    Table                            : Membuat tabel baru
5.    Picture and Clip Art      : Memasukan gambar  pada teks
6.    Shapes                         : Membuat bentuk segitiga, lingkaran, dll
7.    Smartart                       : Membuat grafik
8.    Chart                           : Membuat diagram
9.     Hiperlink                     : Membuat teks atau gambar berputar
10.    Text box                     : Membuat teks kotak
11.    Wordart                     : Membuat dekorasi pada teks
12.    Drop cap                   : Membuat huruf besar pada ujung paragraf
13.     Equation                   : Membuat rumus pada teks
14.    Symbol                      : Menyisipkan simbol pada teks
15.    Page Number            : Memberikan nomor pada halaman
16.    Date and Time           : Menyisipkan tanggal dan waktu yang berlaku saat ini



D. Page Layout
1.    Themes                      : Mengubah desain semua dokumen, huruf, warna, dll
2.    Margins and Size        : Mengatur ukuran kertas
3.    Columns                     : Membuat teks kolom,
4.    Watermark                  : Memberikan tulisan transparan pada teks
5.    Page Color                     : Memberikan warna pada halaman
6.    Page Borders              : Memberikan garis pada halaman
7.    Left and Right             : Mengatur  ukuran posisi teks kanan atau kiri
8.    Spacing                      : Mengatur spasi kanan atau kiri
9.    Object Position           : Mengatur posisi gambar


E. References
1.    Table of Contens           : Untuk membuat tampilan teks seperti daftar isi
2.    Insert Footnote              : Menambahkan footnote pada teks
3.    Insert Citation                : Untuk menyisipkan informasi, contoh: menambahkan nama pada                     sebuah  kutipan
4.    Insert caption                : Membuat keterangan pada gambar
5.    Insert Table Figure        : Memasukkan semua daftar figure, table, equation
6.    Mark Entry                  : Memasukan teks di dalam indeks dokumen
7.    Mark Citation              : Memasukkan sekumpulan teks di dalam table of autorities

F. Mailings
1.    Create Envelopes               : Membuat  sampul pada amplop dan menuliskan alamat dan nama
2.    Start Mail Merge                : Untuk membuat surat
3.    Select Recipients                 : Memilih penerima surat
4.    Highlight Merge Fields      : Untuk menyisipkan dokumen
5.    Envelopes                            : Untuk membungkus kertas atau surat
6.    Create                                : Untuk menulis surat
7.    Labels                                 : Untuk memberikan label dalam penulisan surat
8.    Edit Recipients List            : Untuk mengedit surat yang akan diterima orang atau yang akan di                    kirim
9.    Address Block                    : Untuk pemilihan alamat surat
10.    Insert Marge Fields           : Untuk menyisipkan dan menggabungkan surat
11.    Write & Insert Fields        : Untuk menyisipkan dan menulis surat
12    Rules                                 : Untuk memberikan garis dalam surat
13.    Match Fields                     : Membandingkan surat
14.    Update Labels                  : Untuk memperbaharui label surat



G. Review
1.    Spelling dan Grammar        : Untuk menandai spelling dan grammar  pada teks
2.    Thesaurus                          : Untuk memberi pilihan kata lain yang artinya sama dengan kata                        yang anda pilih
3.    Translate                            : Untuk mengartikan teks
4.    New Comment                  : Untuk menambahkan komentar
5.    Track changes                   : Mengubah semua bekas dokumen
6.    Ballons               : Memilih untuk perbaikan teks
7.    Accept               : Untuk menerima pengubahan dan memindah
8.    Compare           : Untuk mengkombinasi beberapa versi pada dokumen
9.    Protect Document       : Untuk mengunci data
10.    Set Language           : Mengatur bahasa
11.    Delete               : Untuk mengatur data
12.    Previous           : Untuk melihat ulang data yang lama
13.    Track Changes          : Menandai teks yang baru diubah
14.    Reject               : Untuk mengulang atau melihat data apa yang sudah dibuang



H. View
1.    Print Layout            : Untuk melihat tampian ke bentuk print priview
2.    Web Layout            : Mengubah tampilan ke dalam bentuk web view
3.    Outline                : Mengubah tampilan layar ke bentuk outline view
4.    Draf                : Mengubah dokumen ke dalam bentuk draf
5.    Gridline            : Untuk menampilkan tanda garis pada lembar kerja
6.    Zoom                : Memperbesar teks
7    Documents Map           : Menampilkan dokumen dengan disertai peta gambar
8.    Marcos                : Untuk membuat catatan marcos
9.    One Pages            : Menjadikan tampilan ke dalam satu tampilan
10    Show                : Untuk menampilkan simbol paragraf
11.    Page Width            : Untuk mengetahui ukuran halaman
12.    New Window            : Untuk membuka jendela baru
13.    View Side by Side    : Untuk melihat data yang disembunyikan
14.    Switch Windows     : Untuk membuat beberapa jendela

Pojok Kiri Atas
1.    Save            : Untuk menyimpan dokumen
2.    Undo            : Mengembalikan tulisan ke bentuk semula
3.    Redo            : Mengulang perintah yang tadinya mau dibatalkan
4.    Print Preview        : Melihat tampilan dari dokumen yang akan dicetak


4 komentar:

  1. terimakasih,, ini sangat membantu dalam tgs KKPI ku,,

    BalasHapus
  2. ty kak...saran saya tambahin lagi dong lebih lengkap khususnya sub menu tab preview..

    BalasHapus
  3. ty kak...saran saya tambahin lagi dong lebih lengkap khususnya sub menu tab preview..

    BalasHapus