Jumat, 04 Mei 2012

Fungsi-Fungsi Menu pada Ms. Word 2007

A. File
1.    New                     : Untuk membuka lembar kerja baru
2.    Open                    : Untuk membuka dokumen yang sudah pernah disimpan
3.    Save              : Untuk menyimpan dokumen
4.    Save As                : Untuk menyimpan dokumen yang bisa dirubah sewaktu-waktu
5.    Print                      : Untuk menyetak dokumen dan mengatur kerja printer
6.    Print Preview     : Melihat tampilan dari dokumen yang akan dicetak
7.    Send                     : Mengirim dokumen melalui e-mail
8.    Close                    : Menutup dokumen


B. Home
1.      Paste Cells        : Untuk menampilkan hasil copy.an
2.      Cut            : Untuk mengahapus/ memindahkan teks
3.      Copy            : Untuk menduplikat/menyalin teks
4.      Format Painter        : Untuk menyalin karakter  tertentu
5.      Font             : Untuk mengganti model-model huruf
6.      Font Size        : Untuk mengganti ukuran huruf
7.      Bold            : Untuk menebalkan warna huruf
8.      Italic            : Untuk memiringkan text
9.      Underline        : Memberi garis bawah pada teks/huruf
10.    Strikerthrough        : Menggambar garis ditengah-tengah teks/huruf
11.    Subscribe        : Membuat text ditampilkan menjadi lebih kecil dan menurun
12.    Superscribe        : Membuat teks ditampilkan lebih kecil dan naik ke atas seperti                      pangkat
13.    Change Case        : Mengatur besar kecinya huruf kapital
14.    Grow Font        : Membuat ukuran huruf lebih besar
15.    Shrink Font                    : Membuat ukuran huruf lebih kecil
16.    Clear Formatting    : Menghapus semua format dari teks, tapi hanya untuk grow dan                                            shrink font
17.    Text Highlight Color    : Memberikan efek warna pada garis
18.    Font Color        : Memberikan warna pada huruf
19.    Bullet and Numbering    : Memberikan nomor atau tanda pada teks
20.    Align            : Merubah posisi teks
21.    Decrease and Increase    : Sedikit merubah posisi teks sedikit ke dalam/ misal seperti                             membuat paragraf baru
22.    Line Spacing        : Mengatur jarak spasi pada baris
23.    Shading            : Memberikan warna pada teks yang diseleksi
24.    Bottom Bord                    : Memberikan garis pada teks kanan, kiri, dll
25.    Change Styles            : Memberikan gaya huruf
26.    Find                                 : Mencari kata dari dokumen yang sedang aktif
27.    Replace                            : Untuk mencari dan mengganti kata tertentu dari teks
28.    Select All                           : Untuk memblok semua teks

C. Insert
1.    Cover Page        : Membuat cover halaman
2.    Blank Page                      : Mengkosongkan halaman
3.    Page Brea                     : Memberikan jarak pada halaman/membuat halaman baru
4.    Table                            : Membuat tabel baru
5.    Picture and Clip Art      : Memasukan gambar  pada teks
6.    Shapes                         : Membuat bentuk segitiga, lingkaran, dll
7.    Smartart                       : Membuat grafik
8.    Chart                           : Membuat diagram
9.     Hiperlink                     : Membuat teks atau gambar berputar
10.    Text box                     : Membuat teks kotak
11.    Wordart                     : Membuat dekorasi pada teks
12.    Drop cap                   : Membuat huruf besar pada ujung paragraf
13.     Equation                   : Membuat rumus pada teks
14.    Symbol                      : Menyisipkan simbol pada teks
15.    Page Number            : Memberikan nomor pada halaman
16.    Date and Time           : Menyisipkan tanggal dan waktu yang berlaku saat ini



D. Page Layout
1.    Themes                      : Mengubah desain semua dokumen, huruf, warna, dll
2.    Margins and Size        : Mengatur ukuran kertas
3.    Columns                     : Membuat teks kolom,
4.    Watermark                  : Memberikan tulisan transparan pada teks
5.    Page Color                     : Memberikan warna pada halaman
6.    Page Borders              : Memberikan garis pada halaman
7.    Left and Right             : Mengatur  ukuran posisi teks kanan atau kiri
8.    Spacing                      : Mengatur spasi kanan atau kiri
9.    Object Position           : Mengatur posisi gambar


E. References
1.    Table of Contens           : Untuk membuat tampilan teks seperti daftar isi
2.    Insert Footnote              : Menambahkan footnote pada teks
3.    Insert Citation                : Untuk menyisipkan informasi, contoh: menambahkan nama pada                     sebuah  kutipan
4.    Insert caption                : Membuat keterangan pada gambar
5.    Insert Table Figure        : Memasukkan semua daftar figure, table, equation
6.    Mark Entry                  : Memasukan teks di dalam indeks dokumen
7.    Mark Citation              : Memasukkan sekumpulan teks di dalam table of autorities

F. Mailings
1.    Create Envelopes               : Membuat  sampul pada amplop dan menuliskan alamat dan nama
2.    Start Mail Merge                : Untuk membuat surat
3.    Select Recipients                 : Memilih penerima surat
4.    Highlight Merge Fields      : Untuk menyisipkan dokumen
5.    Envelopes                            : Untuk membungkus kertas atau surat
6.    Create                                : Untuk menulis surat
7.    Labels                                 : Untuk memberikan label dalam penulisan surat
8.    Edit Recipients List            : Untuk mengedit surat yang akan diterima orang atau yang akan di                    kirim
9.    Address Block                    : Untuk pemilihan alamat surat
10.    Insert Marge Fields           : Untuk menyisipkan dan menggabungkan surat
11.    Write & Insert Fields        : Untuk menyisipkan dan menulis surat
12    Rules                                 : Untuk memberikan garis dalam surat
13.    Match Fields                     : Membandingkan surat
14.    Update Labels                  : Untuk memperbaharui label surat



G. Review
1.    Spelling dan Grammar        : Untuk menandai spelling dan grammar  pada teks
2.    Thesaurus                          : Untuk memberi pilihan kata lain yang artinya sama dengan kata                        yang anda pilih
3.    Translate                            : Untuk mengartikan teks
4.    New Comment                  : Untuk menambahkan komentar
5.    Track changes                   : Mengubah semua bekas dokumen
6.    Ballons               : Memilih untuk perbaikan teks
7.    Accept               : Untuk menerima pengubahan dan memindah
8.    Compare           : Untuk mengkombinasi beberapa versi pada dokumen
9.    Protect Document       : Untuk mengunci data
10.    Set Language           : Mengatur bahasa
11.    Delete               : Untuk mengatur data
12.    Previous           : Untuk melihat ulang data yang lama
13.    Track Changes          : Menandai teks yang baru diubah
14.    Reject               : Untuk mengulang atau melihat data apa yang sudah dibuang



H. View
1.    Print Layout            : Untuk melihat tampian ke bentuk print priview
2.    Web Layout            : Mengubah tampilan ke dalam bentuk web view
3.    Outline                : Mengubah tampilan layar ke bentuk outline view
4.    Draf                : Mengubah dokumen ke dalam bentuk draf
5.    Gridline            : Untuk menampilkan tanda garis pada lembar kerja
6.    Zoom                : Memperbesar teks
7    Documents Map           : Menampilkan dokumen dengan disertai peta gambar
8.    Marcos                : Untuk membuat catatan marcos
9.    One Pages            : Menjadikan tampilan ke dalam satu tampilan
10    Show                : Untuk menampilkan simbol paragraf
11.    Page Width            : Untuk mengetahui ukuran halaman
12.    New Window            : Untuk membuka jendela baru
13.    View Side by Side    : Untuk melihat data yang disembunyikan
14.    Switch Windows     : Untuk membuat beberapa jendela

Pojok Kiri Atas
1.    Save            : Untuk menyimpan dokumen
2.    Undo            : Mengembalikan tulisan ke bentuk semula
3.    Redo            : Mengulang perintah yang tadinya mau dibatalkan
4.    Print Preview        : Melihat tampilan dari dokumen yang akan dicetak


2 komentar: